Artikel

10 Hal yang Membuat Saya Bahagia

Ceritanya kali ini saya coba ikutan challenge dengan teman-teman dari grup “Bersama Pasti Bisa” untuk rutin tiap pekan menulis blog sesuai tema yang ditentukan. Sayangnya saya baru sempat update kembali dan masih berusaha mengejar ketinggalan. Tidak apa-apa deh, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan?Beberapa hari ini saya banyak belajar hal-hal baru terkait dengan kesehatan mental . Ternyata mental health itu sangat penting untuk kita semua. Nah,salah satu ciri kita sehat secara mental adalah hadirnya rasa bahagia dalam diri.


Sebenarnya apa sih, definisi bahagia itu?
Menurut KBBI, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Mudah, kan, ya untuk bahagia?

Kalau menurut saya, bahagia itu bisa hadir saat kita mampu bersyukur atas segala sesuatu yang ada. Saat ada sesuatu yang mengganggu dan bisa bikin resah maka saya akan coba alihkan rasa dengan sesuatu yang bisa bikin saya bahagia.Nah, berikut ini adalah sepuluh hal yang bisa membuat saya merasa bahagia.

1. Family Time

Yes, having family time selalu mampu membuat saya bahagia. Walaupun hanya sekadar belanja kebutuhan pekanan atau nonton tv bareng di rumah. Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Bukan hanya untuk kebahagiaan saya semata, tapi untuk mereka juga. Kami bisa saling mengenal lebih baik. Melihat ananda bermain dengan ayahnya, atau hanya mendengarkan ananda berceloteh riang.

2. Bisa Tidur dengan Nyenyak/Tenang

Bagi saya yang punya insomnia, bisa tidur dengan tenang itu sesuatu yang berharga. Apalagi sejak punya anak. Jatah waktu untuk tidur tenang itu jadi berkurang. Makanya saat saya bisa tidur nyenyak/tenang pasti bisa lebih segar dan bahagia saat bangun. Ibaratnya habis recharge gitu.

3. Membaca Buku (Komik atau Novel)

Sejak kecil saya suka baca buku dan majalah. Bahkan dulu sering sembunyi-sembunyi dari Bapak karena takut kena marah. Saya suka baca komik terutama jenis komik cantik atau petualangan. Untuk novel saya suka baca jenis novel petualangan atau kisah inspiratif. Rasanya ikut terbawa dalam suasana cerita di buku dan bawa bahagia.

4. Masak atau Makan Makanan Kesukaan

Sejak tinggal di luar negeri, tidak mudah untuk bisa makan makanan kesukaan seperti bakso, pempek, dan lainnya. Berhubung tidak ada yang jual maka saya biasanya buat sendiri. Walaupun rasanya tidak seperti rasa aslinya, setidaknya bisa bikin saya puas dan bisa makan dengan enak.

5. Menjahit atau Menyulam

Nah, kedua kegiatan ini selain bisa bikin saya bahagia, juga bikin saya relax. Ritme saat menjahit atau menyulam itu bagai terapi yang bikin tenang. Saat sudah selesai dan hasilnya cantik tentu bikin bahagia. 

6. Ngobrol Bareng Orang Tua/Keluarga di Indonesia

Berhubung saya jauh dari orang tua dan keluarga di Indonesia, maka saat bisa ngobrol bareng dengan mereka tentu bikin bahagia. Mendengar suara Mama, rasanya sejuk dan bikin tenang. Apalagi kalau kabar yang didapatkan juga kabar bahagia, tambah double dong rasanya.

7. Saat Berhasil Menyelesaikan Tantangan/Tugas 

Kalau dulu saat masih kerja jadi guru, bisa menyelesaikan masalah yang ada pada muridku itu pasti bikin happy. Saat sudah tidak bekerja lagi, tantangan yang dihadapi tentunya dari ananda tercinta atau tugas belajar online. Bisa menyelesaikan deadline menulis naskah antologi atau menyelesaikan tugas Arabic pasti bikin bahagia. Mungkin karena merasa aku bisa. Sebuah apresiasi diri. 

8. Jalan-Jalan/Traveling 

Tidak harus jalan-jalan jauh ke luar negeri atau ke luar kota tempat wisata. Jalan ke taman kota menikmati kegiatan outdoor saja sudah bikin happy. Jalan santai di pagi atau sore hari menghirup udara segar sekalian olahraga. Tubuh yang sehat tentu bikin bahagia.

9. Melihat Keluarga Sehat 

Kesehatan keluarga tentu hal utama. Jika mereka sehat tentu patut disyukuri. Saat ada yang sakit pasti akan bikin resah dan sedih. Jika mereka sehat bisa melakukan banyak hal. Maka selama keluarga sehat tentu hati ini bahagia. 

10. Melihat Keberhasilan Ananda 

Melihat ananda mampu menyelesaikan tantangan dan berhasil mencapai tumbuh kembangnya pasti bikin bahagia. Saat dia mulai bisa berjalan, bisa bicara dan hal lainnya. Setiap saat selalu ada yang berubah, berkembang menjadi lebih baik. Saat melihat keberhasilan tersebut maka hilanglah rasa letih dan gundah. Demikianlah hal-hal yang dapat membuat saya bahagia. Sebenarnya banyak hal sederhana yang bisa dijadikan sumber bahagia. Bukankah bahagia itu dari hati yang mampu bersyukur? Bahagia juga sebuah pilihan. 

(12) Comments

  1. Terima kasih sudah berkunjung

  2. Saya pernah bisa menjahit tapi karena lama ga dipraktikkan lagi jadi lupa hihi. Kalo untuk poin-poin kebahagiaan yang lain sama, kecuali baca komik. Saya lebih banyak baca nonfiksi 😁Mbak.

    Semoga sehat-sehat selalu Mbak Romhah dan keluarga 🤗

    1. Iya mba, saya baca non fiksi lebih sering tentang masakan atau makanan

  3. Wah bahagia itu kita yang mendesain ya mbak . Bagus banget pencerahannya terima kasih yaa

    1. Sama-sama mba. Makasih sudah berkunjung

  4. Wah bagus sekali ini mbak. Memang bahagia itu kita sendiri yang menciptakan, tapi kita pun perlu memiliki list hal2 yang mengundang rasa bahagia ya. Sepertinya saya harus membuat begini juga.

    1. Iya mba.. Awalnya susah juga mikirin apa ya yang bisa bikin saya bahagia. Ternyata hal sederhana juga banyak yang bisa bikin saya bahagia. Sepertinya memang harus buat list tuk jadi pengingat diri

  5. Sepuluh poin itu aku suka semua, bahkan yg sesi menjahit juga. Aku memang hobi jahit, sayangnya akhir-akhir ini mata udah mulai lelah, apalagi untuk kain warna hitam. Jadi mengurangi aja sih…Baca komik juga sukaaa…

    1. Saya juga jahit yang warna gelap jarang, lebih senang warna cerah

  6. Wah..bener ini 10 hal yang sederhana tapi bisa bkin kita bahagiaya Mbak..
    Senangnya
    Saya jadi terkenang soal memasak makanan kesukaan. Saya pernah ikut suami kuliah dan kami tinggal di New Orleans. Saya yang masak biasa asal matang aja di sana jadi belajar dan bisa masak macam-macam..hahaha, mau ga mau, karena susah cari makanannya ya…termasuk tempe juga bikin sendiri jadinya.
    Semoga sehat semua di Des Moines ya..saya dan suami sudah road trip sampai ke sana pada tahun 2010

    1. Waah senangnya udah pernah road trip.. Saya belum nih. Sekarang di sini ada yang jual tempe dan tahu mba,banyak orang asia dan golongan vegan kali ya.

  7. Inspiring story there. What occurred after? Thanks! Rozanne Pyotr Landmeier

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *